Cara cek sertifikat vaksinasi di aplikasi Pedulilindungi

Bagaimana cara memeriksa sertifikat vaksinasi

Cara cek sertifikat vaksinasi di aplikasi Pedulilindungi – Bagaimana cara mengecek sertifikat vaksinasi di aplikasi Cares Protect? Untuk membuktikan bahwa seseorang telah menerima vaksin tersebut, setiap orang sekarang harus mendapatkan sertifikat tersebut.

Saat ini, pemerintah Indonesia terus mengintensifkan upaya penanggulangan penyebaran virus Covid-19 yang masih terus berlangsung.

Selain memakai masker dan menjaga jarak, setiap orang yang ingin pergi ke tempat umum kini harus divaksinasi.

Hal ini bertujuan untuk memutus penularan virus sehingga bisa lebih efektif lagi. Mulai dari tempat belanja seperti mall, mini market, bioskop, hingga kafe akan mulai diterapkan. Anda harus memiliki vaksin sebelum Anda dapat memasuki tujuan.

Sehingga untuk dapat membuktikan dan memudahkan aparat keamanan yang bersangkutan untuk mengetahui apakah seseorang divaksinasi atau tidak maka diperlukan surat keterangan sebagai bukti yang kuat.

Awalnya tidak ada bukti vaksinasi, dan jika ada, mereka hanya menggunakan kertas fisik. Namun sekarang, sertifikat harus sudah terdaftar dalam aplikasi perwalian.

Karena jika tidak biasanya penjaga akan melarang anda masuk ke tempat tujuan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara cek sertifikat vaksinasi melalui aplikasi care protection.

Cara cek sertifikat vaksinasi di aplikasi care and protection

Bagi anda yang belum memiliki aplikasi CareProtect, sebaiknya download dan install terlebih dahulu. Melalui Google Play Store, Anda bisa mencari aplikasi ini dengan keyword “care to protect”. (tanpa menggunakan spasi).

Praktis kini semua orang bisa mengetahui status positif dan negatif melalui aplikasi hebat ini. Aplikasi Care-protect hanya dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi Android versi 5 ke atas.

Sehingga yang masih menggunakan Android 4.0 sudah tidak bisa lagi dan satu-satunya cara adalah dengan mengupgrade OS ke versi 5 atau mengganti ponsel terbaru.

Saat pertama kali membuka aplikasi Careprotect, Anda harus membuat akun baru terlebih dahulu. Daftarkan nama lengkap Anda sesuai nama di KTP agar proses pembuatan akun berhasil.

Masukkan kode OTP dan ikuti proses registrasi hingga selesai yang hanya membutuhkan waktu sesaat. Jika Anda sudah membuat akun, Anda bisa langsung login dengan user yang Anda buat tadi.

Periksa sertifikat vaksinasi

Bagaimana cara memeriksa sertifikat vaksinasi

Setelah masuk ke aplikasi CareProtecting, Anda akan melihat banyak pilihan menu di halaman beranda.

Selain bisa untuk cek vaksin, aplikasi multiguna ini juga bisa digunakan untuk fasilitas kesehatan lainnya yang akan diupdate secara berkala. Jadi aplikasi ini pasti akan memiliki banyak peran di masa depan.

Cari menu sertifikat yang biasanya ada di bagian atas layar itu sendiri. Setelah itu, status Anda akan menunjukkan apakah Anda divaksinasi atau tidak.

Menu ini berguna untuk mengecek update apakah anda sudah resmi terdaftar di sistem atau belum.

Klik tombol unduh jika ingin menyimpan sertifikat, selesai. Prinsipnya begini cara cek sertifikat vaksinasi di aplikasi Cares Protect.

Caranya sangat mudah, dan bagi anda yang baru divaksin baik itu sekali atau dua kali biasanya ada jedanya. Jika belum muncul di sistem aplikasi Protected Protect, biasanya akan muncul setelah 7 hari.

Dan jika setelah 7 hari masih juga tidak muncul, anda bisa menghubungi 119 untuk mendapatkan bantuan dari satgas.

Demikian pembahasan singkat tentang cara cek ijazah agar bisa bebas bepergian kemana saja.

Baca juga: Cara kerja aplikasi Pedulilindungi