Berikut Cara Mudah Mengatasi Laptop Terkena Virus

Cara mengatasi laptop yang terkena virus

Cara mengatasi laptop m yang terkena virusadalah masalah semua orang. Sepertinya tidak ada gadget atau komputer dan laptop yang tidak akan pernah kebal virus. Ini karena kita harus memahami bahwa virus sama dengan benda-benda di dunia biologi yang terus berevolusi.

Tidak semua masalah komputer disebabkan oleh virus. Kita perlu mempelajari cara mendiagnosa, menginvestigasi dan juga mengetahui sumber masalah dan solusi dari virus yang kita alami di laptop dan komputer kita.

Di sini kita akan mempelajari dasar-dasar virus. Apakah mereka? Apa Bagaimana Cara Memperbaiki Laptop yang Terkena Virus? Dan apa solusi untuk setiap virus? Semuanya akan kami bahas secara sistematis agar Anda pun paham dan siap untuk membersihkan laptop Anda.

Mengenal virus komputer

Virus di komputer tidak selalu menjadi sumber masalah bagi laptop dan komputer Anda. Jadi ketika Anda memiliki masalah dengan komputer Anda, jangan langsung menilai bahwa ini adalah virus dan membutuhkan pembersih atau menginstal program baru.

Di sisi lain, Cara Memperbaiki Laptop yang Terkena Virus ketika virus sudah menyebar di laptop, sebenarnya anda bisa melihat dan mendiagnosa bagaimana komputer anda tidak bisa atau mengalami error dan kesulitan saat bekerja.

Anda dapat melakukan pembersihan terlebih dahulu – biasanya ini adalah salah satu masalah yang menyebabkan perangkat keras tidak berfungsi. Inilah sebabnya mengapa orang telah menginstal antivirus tetapi masih bermasalah dengan komputer mereka.

Karena itu, Cara Memperbaiki Laptop yang Terkena Virus harus dimulai dari diagnosis. Apa saja tanda-tanda bahwa komputer Anda mengalami serangan virus? Biasanya, dari data yang kami kumpulkan dan pengalaman kami sendiri, gejala berikut adalah:

BACA JUGA  Cara withdraw Tokocrypto ke rekening bank, cek di sini! -

Sistem komputer berjalan bertentangan dengan konfigurasi

Intinya adalah sistem di komputer Anda berjalan berbeda dari perintah Anda. Misalnya, paling mudah dilihat di mesin pencari, juga disebut browser. Mungkin Anda menggunakan FireFox dan biasanya menampilkan Google – tetapi sekarang malah menampilkan Yahoo.

Diagnosa Cara mengatasi laptop yang terkena virus mulai dari sini. Jika halaman utama berubah atau tidak berfungsi sesuai dengan petunjuk dan pengaturan yang Anda berikan, itu merupakan indikasi bahwa halaman tersebut telah diubah oleh virus. Ini karena virus mencoba mengambil kendali komputer Anda.

Memori komputer selalu penuh / program macet

Anda mungkin pernah mendengar tentang “program mogok” dari para profesional dan anak-anak. Padahal, komputer membutuhkan memori tidak hanya untuk menyimpan, tetapi juga untuk menjalankan program secara optimal.

Jadi jika suatu program di komputer Anda rawan “crash” dan menutup dengan sendirinya, hal ini mungkin disebabkan oleh virus. Cara Memperbaiki Laptop yang Terkena Virus ini sangat sulit karena mungkin juga menyerang data Anda.

File di komputer yang digandakan tidak dapat dibuka

Ini adalah salah satu diagnosis termudah untuk dilihat. Jika anda memiliki beberapa file yang tiba-tiba terduplikasi namun tidak bisa dibuka, ini tandanya anda terkena virus komputer. Virus sebenarnya bisa menggandakan diri, terutama dengan mencaplok file tertentu sebagai sumber kloning.

Cara mengatasi laptop yang terkena virus ini tidak mudah dihapus karena akan terus berlipat ganda meskipun dihapus Sampah. Jadi jika Anda pikir Anda bisa menghapusnya, ketahuilah bahwa itu tidak hilang.

Jenis-jenis virus dan cara mengatasi laptop yang terkena virus

Di atas sudah dijelaskan tentang cara mendiagnosa apakah Anda memang terkena virus atau tidak. Sekarang kami akan menjelaskan cara merawat komputer dan laptop jika sudah terlanjur terinfeksi virus. Kami mencoba ini di MacBook dan Windows.

BACA JUGA  Cara menambahkan ke Excel dengan mudah dan cepat

Cara mengatasi laptop terkena virus Instalasi antivirus

Antivirus adalah program yang cukup andal untuk memulihkan stabilitas komputer Anda. Hal ini dikarenakan mereka dapat mendiagnosa dan membersihkan komputer dengan baik dan benar tanpa kita harus melakukannya secara manual. Cara mengatasi laptop yang terkena virus secara otomatis dan tepat.

Untuk itu Anda bisa membeli. Ada yang sebenarnya cukup mahal, hingga jutaan, seperti Kaspersky dan McAfee. Selain itu, ada juga beberapa proteksi yang mungkin lebih lemah, namun bisa didapatkan secara gratis. Contoh yang gratis adalah SMADAV.

Cara mengatasi laptop yang terkena virus tentunya memiliki kualitas yang berbeda. SMADAV sebenarnya bisa memindai dan menyortir barang dan dokumen, tapi versi gratisnya hanya bisa mengkarantina – bukan membasmi virus. Kaspersky adalah salah satu antivirus terbaik yang dapat membasmi virus.

Cara Mengatasi Laptop Terkena Virus, WORM/MGR/WIN32 – CMD Command

Virus versi WORM adalah virus yang paling mengganggu dan umum. Ini adalah virus yang mencoba memperbanyak diri dengan menyamar sebagai file aslinya. Bahkan, file ini membuat program tidak dapat dijalankan dan mudah dirusak.

Cara mengatasi laptop yang terkena virus WORM adalah menggunakan CMD. Ini adalah program yang tersedia saat “mulai”. Cukup cari direktorinya lalu ketik “Attrib -s -h – r /s /d *.*”. Ini akan memisahkan file WORM dan file aslinya. Sekarang Anda dapat menghapus file WORM dasar sehingga tidak mereproduksi dirinya sendiri.

Anda harus tahu bahwa WORM terkadang menginfeksi file asli yang digunakannya untuk mengkloning dirinya sendiri. Jadi, Anda mungkin kehilangan beberapa file. Tentu saja, ini tidak dapat disimpan. Tapi ada cara lain untuk menghadapinya.

Setelah memakai Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Virus, Anda dapat menginstal Pemulihan program untuk mengubah data. Bayangkan data yang rusak itu seperti selembar kertas yang terpotong, program ini akan mencoba menempelkan kembali kertas tersebut seperti semula.

BACA JUGA  Cara top up coin tiktok menggunakan pulsa

Trojans / Rootkits / Malware – Program startup dan anti-malware

Ketiga virus yang kami sebutkan merupakan virus yang cukup berbahaya. Alasannya adalah sementara yang lain hanya merusak komputer Anda, beberapa virus ini mencoba masuk dan mengendalikan komputer Anda atau mencari informasi seperti nomor bank, alamat, dan sebagainya.

Cara mengatasi laptop yang terkena virus Ini memeriksa apakah kami memiliki kebocoran data. Anda biasanya dapat melihat ini di F-Secure.com atau Threatstatus.com. Mereka akan memberikan informasi tentang apakah data Anda dikumpulkan, diakses, atau dilihat tanpa konfirmasi langsung dari Anda.

Untuk mengatasinya, pertama-tama gunakan VPN dan browser atau mesin pencari yang dapat mendeteksi program yang tidak diinginkan. Chrome dan FireFox memilikinya, tetapi sangat minim. Anda dapat menggunakan DuckDuckGO (DDG) atau BRAVE. Hindari Altavista dan semacamnya.

Jadi alternatif Cara mengatasi laptop yang terkena virus ini bisa lewat Boot. Ini berarti menginstal ulang komputer Anda sehingga data di dalamnya dihancurkan bersama malware. Meski berisiko, hal ini sebenarnya cukup wajar dilakukan karena malware sulit dikalahkan.

Mengapa menginstal ulang merupakan opsi? Karena peretas yang menempatkan malware di sana tidak dapat memasukinya untuk jangka waktu tertentu. Jadi bisa dibilang aman untuk menginstal ulang pertahanan yang lebih kuat sebelum para peretas menyerang lagi.

Ada beberapa opsi dan alternatif Cara mengatasi laptop yang terkena virus. Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu, apakah Anda benar-benar terkena virus, lalu diagnosa virus mana yang menyerang Anda. Dalam hal ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti solusi yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan kembali laptop Anda.

Baca juga: Kenali dan lakukan beberapa cara mengatasi auto repair laptop ini!