Penyebab kursor laptop hilang, cara memperbaikinya di sini

Penyebab spidol portabel hilang

Berikut penyebab kursor laptop hilang dan cara mengatasinya – Bawa laptop Anda ke orang yang sudah ahli dalam memperbaiki kerusakan laptop. Tolong beri tahu saya masalah apa yang terjadi pada laptop sehingga kursor tidak dapat ditampilkan. Lakukan pengecekan pada laptop yang telah menyala melayani, pastikan semua perangkat berfungsi kembali seperti semula.

Kehilangan spidol portable saat mengerjakan tugas memang cukup mengganggu bagi sebagian besar orang. Apalagi jika ternyata penanda tersebut saat ini hilang tenggat waktu menunggu. Hal ini tentu akan menjadi penghambat produktivitas. Beberapa akan memilih untuk melakukannya menyalakan ulang pada laptop Anda ketika hal ini terjadi.

Ini adalah opsi sederhana untuk kembali ke keadaan Windows saat dimulai. Namun bagaimana jika penanda tersebut tetap tidak dapat ditemukan? Apakah ada cara lain yang bisa dilakukan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Alasan untuk penanda yang hilang

Tentunya sebelum mengetahui cara mengembalikan laptop marker yang hilang, mengetahui apa penyebabnya merupakan poin pertama yang harus diketahui. Jadi mari kita lihat apa yang menyebabkan kursor menghilang di laptop Windows saat digunakan:

1. Driver yang tidak didukung

Masalah utama yang sering terjadi dan menyebabkan kursor portable hilang adalah driver yang diperbarui Windows yang tidak didukung. Ini bisa terjadi jika ternyata versinya driver digunakan tidak kompatibel, sehingga marker tidak berfungsi.

Biasanya hal ini terjadi karena ketidaksesuaian antara driver Windows dan kursor sehingga kursor tidak dapat dideteksi. driver tikus masalahnya mungkin juga penyebab kursor tidak berfungsi saat digunakan.

BACA JUGA  15 Cheat untuk Bangkit Menjadi Penguasaan di Garena Free Fire

2. Ada kerusakan pada pelat kontrol

touchpad menjadi pendukung laptop yang sangat penting untuk menggerakkan kursor pada laptop anda. Jika terjadi kerusakan pada panel sentuh maka dapat dipastikan bahwa penanda itu juga tidak dapat ditemukan atau dialami terjebak atau tidak mau pindah.

Biasanya panel sentuh yang tidak bisa bekerja bisa saja terjadi karena pengguna baru melakukannya Install program baru juga update jendela. Masalah lain yang bisa membuat panel sentuh tidak bisa bekerja untuk memindahkan kursor adalah virus.

3. Mouse USB bermasalah

USB aktif mouse masalahnya mungkin juga menjadi penyebab hilangnya kursor portabel. Biasanya masalah ini akan menyebabkan sistem laptop tidak dapat membaca perangkat baru yang terhubung melalui USB. Tentunya hal ini akan mencegah kursor ditampilkan di layar laptop.

Laptop USB rusak atau bahkan mouse ini mungkin karena pengguna sedang terburu-buru untuk melepas USB. Hal ini tentu saja secara tidak langsung akan menimbulkan masalah di pelabuhan Laptop USB atau mouse.

4. Penyebab kursor laptop hilang, laptop hang

Laptop yang tiba-tiba berhenti bekerja juga bisa menjadi masalah yang menyebabkan kursor menghilang. Biasanya ini terjadi ketika itu driver yang tidak didukung oleh sistem portabel. Ini adalah sebuah proses Install Program baru yang ditambahkan ke sistem portabel juga dapat menyebabkan masalah pada kursor.

Terkadang ini bisa terjadi karena program yang terinstal memiliki sistem yang tidak kompatibel driver jendela. Virus juga bisa menjadi faktor utama penyebab kursor di laptop berhenti bekerja.

5. Kursor tidak sengaja dinonaktifkan

Masalah lain yang dapat terjadi dan menyebabkan kursor portabel menghilang adalah kursor dinonaktifkan secara tidak sengaja. Ini bisa terjadi jika pengguna secara tidak sengaja menekan Fn dan F9 secara bersamaan. Hal ini biasanya akan menyebabkan kursor berhenti bekerja secara otomatis dan tidak muncul di layar laptop.

BACA JUGA  Cara mudah cek garansi Samsung

Cara mengatasi marker hilang

Mengetahui cara mengatasi masalah kursor yang hilang pada layar laptop tentunya menjadi hal yang wajib diketahui setelah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Cara mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:

1. Memperbarui driver

Solusi pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kursor laptop tidak muncul adalah dengan melakukan update pada sistem portabel. Pengguna dapat memeriksa apakah driver pada sistem Windows itu harus aktif update atau tidak. Saat ternyata driver laptop masih menggunakan versi lama jadi tolong lakukan driver yang diperbarui.

Perawatan ini mungkin berlaku dengan cara yang berbeda jika ternyata driver berada di update pada versi terbaru dan kursor malah menghilang. Jika ini terjadi, coba gunakan driver versi lama agar kursor dapat berfungsi kembali.

2. Restart laptop Anda

Cara lain yang bisa dijadikan solusi untuk memulihkan marker yang tiba-tiba hilang adalah dengan melakukan menyalakan ulang di laptop. Tekan Alt dan F4 secara bersamaan hingga laptop mati dan tunggu beberapa saat hingga laptop menyala kembali.

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tombol power pada laptop. Tunggu sebentar hingga laptop menyala kembali, lalu coba periksa apakah kursor berfungsi.

3. Periksa Kondisi Touchpad

Hubungan yang aman panel sentuh dalam kondisi baik juga harus dilakukan jika marker tidak berfungsi atau hilang. Ini bisa terjadi karena sistem panel sentuh yang belum masuk update. Ketika ini terjadi, Anda melakukannya secara otomatis pembaruan panel sentuh adalah hal yang harus dilakukan.

Namun sebelumnya ada solusi yang bisa dilakukan dengan menekan tombol antara f1 hingga f12. Cari tombol Pengaturan Diaktifkan panel sentuh pada keyboard komputer portabel. Biasanya itu akan menjadi logo panel sentuh untuk memudahkan pengguna menemukan tombol tersebut.

4. Lakukan pengaturan mouse

Lakukan pengaturan untuk sistem mouse juga dapat dilakukan untuk membuat kursor muncul kembali. Buka menu Panel Kontrol menggunakan menu Windows di keyboard Anda. Langkah selanjutnya, pilih menu Hard And Sound, lalu pilih menu Device & Printer.

BACA JUGA  Cara mengganti password FB tanpa nomor handphone, email

Langkah selanjutnya adalah mengklik menu pilihan pointer dan langkah terakhir adalah menekan menu hide pointer while untuk memunculkan kembali kursor. Lakukan langkah-langkah berikut menggunakan tombol panah pada keyboard sebagai tambahan memasuki setelah selesai.

5. Penyebab marker portable hilang, Cek USB

Jika pengguna menggunakan mouse sebagai penanda drive device, periksa status USB mouse. Terkadang ada masalah dengan USB mouse atau bahkan laptop juga bisa menjadi penyebab utama kursor tidak berfungsi. Pengguna dapat melakukan perubahan mouse jika kerusakan terjadi pada USB mouse.

Nah, untuk menghindari kerusakan pada USB, sebenarnya cukup mencabut USB dengan hati-hati saat akan digunakan. Dengan cara yang sama saat menggunakan USB. Ini harus dilakukan seperti ini pelabuhan USB tidak rusak.

6. Penyebab penanda laptop hilang, lakukan servis laptop

Hal terakhir yang harus dilakukan jika kursor masih tidak muncul dan berfungsi setelah sebelumnya Anda melakukan ketiga cara di atas, silakan lakukan melayani. Langkah pertama ini bisa dilakukan jika ternyata kondisi laptop memang bermasalah.

Bawa laptop Anda ke orang yang sudah ahli dalam memperbaiki kerusakan laptop. Tolong beri tahu saya masalah apa yang terjadi pada laptop sehingga kursor tidak dapat ditampilkan. Lakukan pengecekan pada laptop yang telah menyala melayani, pastikan semua perangkat berfungsi kembali seperti semula.

Itu tadi 5 penyebab yang bisa menjadi masalah penanda laptop hilang dan cara mengatasinya. Lima solusi mengatasi spidol yang hilang adalah cara sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri. Jika setelah melakukan solusi di atas kursor tetap tidak muncul, silahkan lakukan melayani laptop di ahlinya.

Baca juga: Tips dan cara mudah mengatasi laptop overheat